Islam mengajarkan umatnya unt mendirikan sholat, baik itu wajib maupun Sunnah. Sholat wajib terdiri atas 5 waktu. Sedangkan sholat Sunnah sendiri ada banyak jenisnya. Setiap sholat Sunnah memiliki tujuannya masing-masing. Salah satunya adalah sholah tahajud. Lalu apa manfaat sholat tahajud?

Keistimewaan Sholat Sunnah Tahajud

Sholat Sunnah tahajud merupakan salah satu ibadah yang begitu istimewa. Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa siapa saja yang melaksanakan tahajud bisa membuat dirinya diangkat ke tempat yang begitu terpuji bagi Allah SWT.

Beragam manfaat juga bisa didapatkan dengan mendirikan sholat Sunnah satu ini. Bagi Anda yang selalu mendirikan sholat Sunnah tahajud, Anda bisa mendapatkan manfaat seperti terkabulnya doa, dosa yang terhapus, sebagai jembatan untuk menuju surga, dan sebagainya.

Manfaat Sholat Tahajud

Apa saja manfaat sholat tahajud yang bisa didapatkan? Berikut ini penjelasannya:

1. Terkabulnya doa

Manfaat yang pertama adalah terkabulnya semua doa oleh Allah SWT. Terlebih jika seseorang melaksanakannya di sepertiga malam terakhir yang menjadi waktu utamanya.

Sabda Nabi Muhammad SAW: “Rabb kita akan turun ke langit dunia tiap malam saat masih tersisa sepertiga malam terakhir, kemudian Dia berfirman: “Barang siapa berdoa memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya. Barang siapa yang memohon kepada-Ku, niscaya Aku memberinya. Dan siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya aku mengabulkan.” (HR. Bukhari).

2. Pencegah dan penghapus dosa

Manfaat dari sholat tahajud lainnya adalah sebagai cara untuk mendekat kepada Allah SWT, menolak penyakit, pencegah dan penghapus dosa.

Dengan menjalankan sholat Sunnah tersebut, maka Anda bisa merasakan manfaat yang begitu mengagumkan. Dosa kecil yang pernah Anda lakukan akan berguguran.

3. Jembatan menuju surga

Ada hadis yang menjelaskan soal manfaat sholat tahajud yang begitu luar biasa bagi umat manusia yang menjalankannya. Manfaat tersebut berupa jembatan yang nantinya mengantarkan manusia menuju surga.

Berikut ini hadis dari Nabi Muhammad SAW yang ketika itu kepada Abdullah Ibnu Muslim yang berkaitan dengan istimewanya sebuah sholah tahajud. “Hai sekalian manusia! Sebarkan salam dan bagikan makanan dan sambung silaturahmi dan tegakkan sholat malam ketika manusia lain tertidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

4. Amalan di akhirat

Terdapat ayat yang ada di dalam Al-Qur’an mengenai sholat mala mini. Di dalam surat Az-Zariyat, tepatnya pada ayat 15-18 sudah disebutkan bahwa siapa saja yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud, insyaAllah bisa mendapatkan balasan yang setimpal dan nantinya diberikan oleh Allah SWT saat berada di akhirat.

Ayat itu menyebutkan dengan jelas bahwa: “Sesungguhnya setiap yang bertaqwa ada di dalam taman surga dan di mata air, sambil mengambil semua yang diberikan Allah SWT untuk mereka. Sebelumnya sudah melakukan kebaikan, adalah orang yang sedikit tidur di waktu malam dan di akhir malam meminta ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin. Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan saja, baik setelah isya hingga masuk wkatu subuh. Tapi untuk waktu yang paling tepat adalah di sepertiga malam terakhir yang berarti tengah malam hingga masuk waktu subuh.

Dengan begitu banyaknya manfaat sholat tahajud, jangan sampai Anda melewatkannya. Banyak sekali yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan salah satu sholat Sunnah tersebut. Jangan lupa untuk berniat sebelum tidur karena hal tersebut juga sudah memberikan manfaat tersendiri.